Jumat, 04 November 2011

LAPISAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT

LAPISAN SOSIAL DALAM MASYARAKAT
Pengertian menurut para ahli.
Stratifikasi sosial menurut Pitirim A. Sorokin adalah pembedaan penduduk atau masyarakat ke dalam kelas-kelas secara bertingkat (hierarkis). Perwujudannya adalah adanya lapisan-lapisan di dalam masyarakat. Setiap lapisan itu disebut dengan strata sosial. Ditambahkan bahwa stratifikasi sosial merupakan ciri yang tetap pada setiap kelompok sosial yang teratur. Lapisanlapisan di dalam masyarakat memang tidak jelas batasbatasnya, tetapi tampak bahwa setiap lapisan akan terdiri atas individu-individu yang mempunyai tingkatan atau strata sosial yang secara relatif adalah sama.
Stratifikasi sosial menurut Drs. Robert M.Z. Lawang adalah penggolongan orang-orang yang termasuk dalam suatu sistem sosial tertentu ke dalam lapisan-lapisan hirarkis menurut dimensi kekuasaan, privilese dan prestise.
Paul B. Horton dan Chester L. Hunt
Stratifikasi sosial adalah sistem perbedaan status yang berlaku dalam suatu masyarakat.

Pelapisan Sosial. Di dalam masyarakat terdapat lapisan-lapisan sosial, seperti masyarakat lapisan atas, menengah dan bawah. Terjadinya pelapisan sosial ini (juga disebut stratifikasi sosial) adalah sebagai hasil penilaian masyarakat terhadap individu-individu dalam masyarakat. Selama di dalam masyarakat terdapat sesuatu yang dinilai atau dihargai, maka hal ini akan menyebabkan terjadinya penggolongan individu-individu ke dalam lapisan sosial tertentu. Hal yang dinilai atau dihargai masyarakat kita pada umumnya adalah antara lain : kekayaan, kekuasaan, jabatan, kehormatan, kewibawaan, kejujuran, kepandaian, kealiman dan sebagainya. Mungkin saja seseorang dapat memiliki lebih dari satu apa yang dihargai itu dimiliki seseorang, akan menempatkan orang itu dalam lapisan lebih rendah dan bila cukup saja, mungkin akan menempatkan orang dalam lapisan menengah. Rupa-rupanya sampai saat ini kekayaan merupakan ukuran yang menonjol dibandingkan dengan yang lainnya.

Jenis Stratifikasi Sosial
Stratifikasi sosial dibedakan menjadi dua macam
Apa yang membedakan keduanya? Keterbukaan stratifikasi sosial diukur dari mudah-tidaknya dan sering-tidaknya seseorang yang mempunyai status sosial tertentu memperoleh strata yang lebih tinggi (Yinger, 1966:34).
Stratifikasi sosial tertutup terjadi jika masyarakat tidak dapat beralih dari satu strata ke strata lain. Bisakah anda memberi contoh? Contoh stratifikasi sosial tertutup adalah sistem kasta seperti di Bali atau India.
Stratifikasi sosial terbuka terjadi jika masyarakat dapat beralih dari satu strata ke strata lain. Jika dasar stratifikasi yang digunakan kekayaan, apakah tiap strata dapat beralih dari atas ke bawah atau sebaliknya? Tentu saja dapat! Siapapun bisa beralih dari memiliki kekayaan berlimpah, akhirnya menjadi orang yang tidak memiliki apapun. Atau dari orang yang hanya memiliki sedikit kekayaan, akhirnya mendapat harta berlimpah.
Hal-hal yang dihargai sebagai pembentuk pelapisan sosial :
a.       Uang.
b.      Tanah.
c.       Kekayaan.
d.      Ilmu Pengetahuan.Kekuasaan.
e.       Kesalehan.
f.       Keturunan dari keluarga terhormat.
Talcott Parsons menyebutkan lima kriteria tinggi rendahnya status seseorang, yaitu:
1.       Kriteria kelahiran: meliputi faktor ras, jenis kelamin, kebangsawanan, dan sebagainya.
2.       Kriteria kualitas pribadi : meliputi kebijakan, kearifan, kesalehan, kecerdasan, usia dan sebagainya.
3.       Kriteria prestasi : meliputi kesuksesan usaha, pangkat dalam pekerjaan, prestasi belajar, prestasi kerja, dan sebagainya.
4.        Kriteria pemilikan: meliputi kekayaan akan uang dan harta benda.
5.        Kriteria otoritas : yaitu kemampuan untuk mempengaruhi pihak lain sehingga pihak lain tersebut bertindak seperti yang diinginkan.

Kriteria Penggolongan Pelapisan Sosial :
a.       Ukuran kekayaan.
b.       Ukuran kekuasaan.
c.       Ukuran kehormatan.
d.      Ukuran ilmu pengetahuan
Jadi stratifikasi sosial sebagai gejala yang universal artinya dalam setiap masyarakat bagaimanapun juga keberadaanya pasti akan didapatkan pelapisan social. Apa yang dikemukakan oleh  Pitirim A. Sorokin salah satu contoh pilapisan social dalam masyarakat.

http://cybex.deptan.go.id
ttp://5osial.wordpress.com
www.e-dukasi.net

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar